Apa itu Psikopatologi ?

Written By jasa tespsikologi on Minggu, 04 Januari 2015 | 19.22

"psikopatologi"
Apa itu Psikopatologi ? - Psikopatologi merupakan cabang ilmu psikologi yang berkepentingan untuk menyelidiki beberapa penyakit atau gangguan mental dan juga gejala-gejala abnormal lainnya, sesuai dengan pengertian dari Patologi yang merupakan sebuah pengetahuan mengenai penyakit atau gangguan.

Psikopatologi atau sakit mental merupakan sakit yang tampak didalam bentuk perilaku dan juga fungsi kejiwaan yang tidak stabil. Istilah psikopatologi mengacu pada sebuah sindroma yang luas, yang meliputi ketidaknormalan kondisi indra, kognisi, dan juga emosi.
 
Menurut Atkinson terdapat enam kriteria untuk dapat menentukan kesehatan mental seseorang, yaitu :
1. pertama, adanya persepsi yang realistic dan efisen didalam mereaksi atau mengevaluasi apa yang terjadi di dunia sekitarnya;
2. kedua, mengenali diri sendiri, baik berkaitan dengan kesadaran atau motifnya;
3. ketiga, kemampuan untuk mengendalikan perilaku secara sadar, seperti menahan perilaku impulsive dan agresif;
4. keempat, memiliki harga diri dan dirinya dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya;
5. kelima, kemampuan untuk membentuk ikatan kasih, seperti tidak menuntut berkelebihan pada orang lain dan dapat memuaskan orang lain bukan hanya memuaskan diri sendiri;
6. keenam, ada jiwa yang antusias yang mendorong seseorang untuk mencapai produktivitas.

Asumsi diatas dikenal dengan asumsi yang optimistic dan mengakui kekuatan jiwa manusia, akan tetapi sifatnya antroposentris yang hanya memfokuskan pada kekuatan manusia, tanpa mengkaitkan teorinya pada kehendak Tuhan yang mutlak. Didalam Islam meskipun menggunakan kerangka asumsi yang ketiga didalam membangun teori psikopatologi, akan tetapi Islam tidak melepaskan diri dari paradigma teosentris. Hakikat jiwa manusia bukan hanya sehat dan sadar, melainkan juga terbebas dari dosa asal, dosa waris, dan juga bertanggung jawab atas penebusannya.
Sebagai Dzat yang baik dan suci, Tuhan tidak memberikan jiwa manusia kecuali jiwa yang memiliki kecenderungan sehat, baik dan suci. Kesehatan jiwa manusia tidak sekedar alami dan fitri, melainkan telah diatur sedemikian rupa oleh sang Kholiq. Dari kerangka ini, kriteria neurosis dan psikosis didalam psikopatologi Islam bukan hanya disebabkan oleh gangguan saraf atau gangguan kejiwaan alamiah melainkan juga penyelewengan terhadap aturan-aturan Tuhan. Oleh karena itu, teori psikopatologi Islam disamping mendasarkan teorinya pada teori-teori psikologi barat, juga banyak memfokuskan diri pada perilaku spiritual dan religius.
Psikopatologi didalam kajian Islam dapat dibagi dalam dua kategori:
1. Pertama; bersifat duniawi. Macam-macam psikopatologi didalam kategori ini berupa gejala-gejala atau penyakit kejiwaan yang telah dirumuskan didalam wacana psikologi kontemporer.
2. Kedua bersifat ukhrowi, yaitu berupa penyakit akibat penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai moral, spiritual dan agama.
Psikopatologi yang bersifat duniawi memiliki banyak kategori. Hal ini disebabkan oleh perspektif masing-masing psikolog yang berbeda-berbeda.

Demikian postingan kami pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : jasa tespsikologi ~Jasa Tes Psikologi (Psikotes)

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Apa itu Psikopatologi ? yang ditulis oleh Jasa Tes Psikologi (Psikotes) yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 19.22

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels